Sabtu, 22 Februari 2014

Kangguru ( Mamalia Berkantong )

Kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia). Hewan ini termasuk hewan khas Australia. Kata kanguru diambil dari bahasa Aborigin gangguru.
Kangguru beradaptasi di daerah yang kering, gersang, dengan iklim yang tinggi dan berubah-ubah. Kangguru adalah binatang marsupial dari famili macropodidae.
Kanguru mempunyai dua kaki belakang yang kuat, telapak kakinya yang besar didesain untuk meloncat. Kanguru biasa melompat dengan kecepatan 20-25 km/jam. Tapi mereka bisa melompat hingga kecepatannya menjadi 70 km/jam. Harapan hidup kanguru sekitar 9-18 tahun. Walau kadang-kadang ada kanguru yang bisa bertahan hidup hingga 28 tahun.
Kangguru diketahui memiliki otot tungkai depan (bisep) yang kuat, dan kini telah diketahui bahwa otot tersebut selain digunakan untuk berkelahi, juga digunakan untuk memikat betina.
Kangguru tidak menghasilkan gas methane, namun hidrogen yang dihasilkannya dapat menjadi acetate yang mampu menghasilkan energi. Kangguru juga merupakan binatang yang sangat penting bagi suku Aborigin dikarenakan daging, kulit, dan tulangnya, serta salah satu bagian dalam perut kangguru digunakan untuk permainan bola tradisional.
Terdapat empat jenis kangguru, yaitu Red Kangaroo, Eastern Grey Kangaroo, Western Grey Kangaroo, dan Antilopine Kangaroo. Kangguru berjalan dengan cara melompat menggunakan kedua kakinya yang didesain memiliki otot yang kuat.
Masa kehamilan kangguru adalah 30 sampai 36 hari dan bayi yang dilahirkan hanya sebesar kacang lima atau embrio manusia. Setelah lahir bayi kangguru akan secara naluriah memanjat tubuh induknya dan masuk ke dalam kantong marsupial untuk selanjutnya menyusu dan tetap tinggal di sana. Anak kangguru biasanya tinggal dalam kantong induknya selama 9 bulan sebelum akhirnya ia meninggalkan kantong tersebut untuk beberapa waktu. Biasanya anak kangguru tetap diberi makan oleh induknya sampai berumur 18 bulan.


Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Kanguru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar